Apa Itu Web Developer dan Tugasnya

Pentingnya Web Developer untuk Membangun Bisnis Digital

Softwarebali2021 – Website Developer Ditengah maraknya masa transisi dari pasar traditional ke bisnis online saat ini, banyak bermunculan orang-orang dengan keahlian software developer. Orang-orang dengan keahlian ini adalah mereka yang mampu membuat suatu program sesuai dengan kemauan si pemesan program guna untuk meningkatkan aktivitas penjualan mereka. Pada hal ini, biasanya penjualan yang dimaksudkan adalah penjualan online pada website-website produk. Saat ini banyak sekali website e-commerce yang menawarkan berbagai macam barang dagangan mereka secara online. Keunggulan dalam hal ini adalah dengan menawarkan kemudahan transaksi dan meminimalisir biaya promosi.

web developerSebelum perusahaan memiliki website mereka sendiri, mereka akan memerlukan jasa seorang software developer yang ahli dalam bidang website. Biasanya seorang web developer mengetahui bagaimana caranya membangun sebuah website dari nol hingga dapat digunakan sebagai alat transaksi dan sekaligus sebagai media promosi. Besarnya gaji seorang web developer juga ternyata cukup besar lho, mengingat pekerjaan ini cukup menuntut kesempurnaan dan tekanan yang besar. Besaran gajinya juga beda-beda untuk tiap orang, tergantung perusahaan serta tergantung pada berapa lama kamu sudah terjun didunia develop itu sendiri, jadi junior dan senior web developer punya nominal yang berbeda tentunya.

Job Desk Web Developer

Didalam pekerjaan seorang web developer terbagi dalam 3 job desk yang membedakan dan dibagi menjadi beberapa bagian diantara nya adalah sebagai berikut :

  1. Front End Developer.

Front end developer ini adalah orang yang bertugas untuk membuat dan mengelola tampilan luar pada perangkat lunak yang bisa diakses oleh user (client side). Seorang front end developer wajib untuk bisa menguasai 3 bahasa pemrograman yakni HTML, CSS dan juga JavaScript. 3 bahasa pemrograman ini merupakan langkah awal yang diperl

ukan yang nantinya akan membuat tampilan bisa dibaca oleh browser. Front end developer juga dituntut untuk menguasai libraries dan framework dengan tujuan mempermudah dan mempercepatnya dalam bekerja menyusun program atau software. Pada saat in

i berikut beberapa libraries dan framework yang cukup populer di kalangan para web developer yakni Ajax, Jquery dan juga CodeIgniter. Untuk menjadi seorang front end developer yang handal kamu harus mengutamakan pembuatan aplikasi user frie

ndly dimana tampilan website merupakan hal yang akan menjadi fokus client atau customer kamu.

web programming

  1. Backend Developer

Pada backend developer ini memiliki tugas yang sebaliknya dari seorang front end developer. Backend developer ini bertugas merancang dan membuat serta mengelola kebutuhan server, aplikasi dan juga database. Seorang pekerja backend developer dituntut untuk bisa berfikir kritis dan memiliki kemampuan logika yang kuat mengingat ia berfungsi untuk mengembangkan aplikasi dari dalam, dan data dari pengguna / user. Seorang back end developer akan dituntut untuk menguasai bahasa pemrograman PHP dan SQL. Sama seperti front end developer, kamu juga bisa untuk memanfaatkan framework CodeIgniter atau CI untuk mempermudahkanmu dalam bekerja. Back end developer juga diharuskan untuk memiliki sifat clean code yang berarti tidak ada unsur duplikat atau plagiat dalam kode.

  1. Full Stack Developer

Tugas dari seorang full stack developer merupakan gabungan antara front end developer dan back end developer. Ia adalah seseorang yang membuat suatu produk aplikasi website baik dari sisi front end dan back end. Jadi pekerjaannya lebih berat daripada kedua job desk diatas ya. Ia harus seseorang yang multi fungsi karena mereka biasanya akan bekerja pada back end developer, namun sudah masuk dalam kategori expert di sisi front end. Full stack developer ini mengharuskan seseorang menguasai bahasa pemrograman yang lebih banyak mulai dari HTML hingga Phyton.

Setelah tau apa saja pekerjaan dari seorang web developer, dan kemampuan apa saja yang harus kamu miliki untuk menjadi seorang web developer, ketahui beberapa tips berikut untuk kamu bisa jadi salah satunya :

  1. Mempunyai dan memiliki pengetahuan dalam bidang dunia IT.
  2. Berfikir secara kritis dan mampu memecahkan masalah dengan optimal.
  3. Mampu bekerja sama dalam tim dan mampu bertanggung jawab.
  4. Dapat bekerja secara multitasking

Saat ini bahkan sudah ada perusahaan dibidang IT yang menawarkan website e-commerce dengan sistem sewa yang relatif murah dan bisa dijadikan pilihan untuk pemilik usaha kecil.