Kuasai Hal Yang Harus Dimiliki Full Stack Developer Berikut Ini

Web Developer

Kebutuhan Web Programmer Bagi Perusahaan

Softwarebali.com – Full Stack Developer – Dengan semakin banyaknya perusahaan startup yang muncul dan ketatnya persaingan bisnis di era digital, kebutuhan akan software developer yang ahli seperti contohnya web programmer semakin meningkat pesat. Hal ini dikarenakan oleh meningkatnya tuntutan untuk pembuatan website entah itu untuk personal maupun untuk perusahaan. Bagi kamu yang tertarik untuk berkarir dibidang website development dan ingin menjadi programmer yang profesional, kamu perlu untuk terus mengembangkan skill yang kamu miliki.

Seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel lainnya dalam blog ini, jenis pekerjaan seorang web development dibagi menjadi 3 yakni front end developer, back end developer dan yang terakhir adalah full stack developer, mereka memiliki fokus pekerjaan yang berbeda-beda. Biasanya seorang programmer akan mengambil fokus apa yang akan mereka kerjakan, mengingat untuk menguasi satu jenis dari ketiga ini merupakan hal yang tidak mudah. Namun, jika kamu menginginkan perkembangan karir dan juga income, pilihan untuk menjadi full stack developer adalah hal yang bisa kamu pertimbangkan.

 

Code for Program

Skill Yang Harus Dimiliki Full Stack Developer

Seorang full stack developer pada dasarnya mengerjakan pekerjaan gabungan dari front-end dev dan juga back-end dev. Ia harus bisa menguasai teknologi dan tools yang digunakan dalam front-end dan back-end. Ia juga akan diminta untuk mengembangkan aplikasi, troubleshooting dan bahkan membuat fitur yang baru. Berikut beberapa saran untuk kamu yang berkeinginan terjun dalam job ini

Mengerti HTML dan CSS

HTML adalah tools yang digunakan untuk membangun website, sedangkan CSS adalah tools yang digunakan untuk mengatur halaman web nya. Jadi dasar seorang web programmer harus menguasai kedua hal ini.

Paham JavaScript

Javascript ini merupakan bahasa pemrograman yang cukup populer dikalangan developer. Biasanya JavaScript berduet dengan HTML untuk membuat website lebih mudah bagi para user nya. Dalam hal ini kamu juga perlu untuk mengetahui cara menggunakan DOM (Document Object Model) dan juga JSON (JavaScript Object Notation), kamu juga perlu menguasai bundle modul yang digunakan untuk menggabungkan file-file di JavaScript seperti Webpack. Seorang full stack developer juga setidaknya menguasai framework guna mempermudah pekerjaan.

Pahami Bahasa Pemrograman Back-end

Setelah menguasai sisi front-ent seperti diatas, kamu juga perlu menguasai pemrograman back-end. Pada dasarnya back-end meliputi database, user authentication, fitur login, dan proses penyesuaian fungsi yang ada di sisi front-end. Berikut beberapa bahasa pemrograman yang biasanya digunakan Java, Phyton, PhP, C++, Ruby.

Mengerti Cara Kerja Database

Sebuah aplikasi ataupun website sudah pasti memerlukan database, jadi hal ini wajib untuk dikuasai ya. Beberapa manajemen database yang saat ini banyak digunakan antara lain Oracle, SQL Server, MySQL.

Tahu HTTP dan REST

HTTP adalah protokol yang digunakan untuk melakukan transfer file, foto, video dan juga dokumen. REST adalah metode yang menggunakan protokol HTTP untuk pengembangan suatu website. Kedua hal ini bisa membantu kamu untuk meningkatkan performa website.

Mengerti GIT dan GitHub

GIT adalah tools yang digunakan untuk mencatat segala perubahan kode yang dibuat oleh developer. GitHub adalah aplikasi yang menyimpan setiap perubahan kode Git.  Hal ini memudahkan para developer untuk berkolaborasi mengembangkan produk.

full stack developer

Tahu Dasar Algoritma dan Struktur Data

Untuk bisa memecahkan masalah secara sistematis dan bisa mengelola data supaya bisa digunakan secara efektif, kamu perlu mengetahui algoritma dan struktur data. Kombinasi kedua pengetahuan ini cukup penting untuk membuat website yang mudah digunakan.

Tahu UI dan UX

UI atau user interface adalah tampilan suatu website secara visual, sedangkan UX atau user experience adalah agar website mudah digunakan oleh user. Kamu harus pastikan tampilan website kamu terlihat sempurna agar bisa meningkatkan nilai dari brand perusahaan. Disamping itu kamu juga harus memastikan bahwa fitur-fitur yang ada dalam website kamu berjalan dengan sempurna dan mudah digunakan oleh user.

Wah ternyata cukup banyak ya yang harus dikuasai oleh seorang full stack developer, karena mengingat pekerjaan ini merupakan kombinasi dari front end dan back end. Kamu bisa belajar dari berbagai referensi seperti buku, bergabung dengan komunitas, ataupun mengikuti seminar tentang web development.