Hal Unik Tentang Programmer

Seorang Programmer Dengan 2 LaptopSoftware Developer Info – Seiring dengan perkembangan teknologi dan semakin maraknya kebutuhan pasar digital, profesi programmer saat ini merupakan salah satu profesi dalam dunia IT yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Banyak anak muda yang bermimpi untuk bisa menjadi programmer yang handal, alasan terkuatnya adalah karena profesi ini menawarkan gaji yang menggiurkan. Namun banyak dari mereka sudah merasa tidak percaya diri sebelum terjun ke dunia IT dengan apa yang mereka miliki. Mengapa demikian?

Banyak berita yang beredar dan mengatakan bahwa profesi ini memiliki tuntutan yang sangat tinggi, deadline dan tantangan yang membuat sakit kepala, serta harus menghafalkan segala macam jenis kode yang ada dalam komputer. Mungkin memang terdengar horor bagi beberapa orang, namun sebenarnya tidak semengerikan yang dibayangkan. Memang jika kalian coba tengok kode program yang ada dalam suatu website atau aplikasi, program tersebut akan memiliki lebih dari 1000 baris kode. Orang-orang awam akan membayangkan bahwa programmer akan membuat 1000 atau lebih baris kode untuk membuat program, padahal pada faktanya kode-kode tersebut kebanyakan adalah suatu tumpukan kode yang terdiri dari pernyataan berulang, metode dan juga loop. Nah berikut ini adalah beberapa anggapan orang-orang yang tidak benar tentang profesi seorang programmer

  • Harus memiliki kemampuan otak yang genius

    Sebenarnya menjadi seorang programmer tidak bergantung pada seberapa cerdas kita, namun lebih kepada minat orang tersebut terhadap bidang ini. Salah satu guru yang paling baik untuk menjadi seorang programmer adalah jangan takut untuk gagal dalam belajar dan mencoba. Jika kamu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kamu akan bisa menjadi programmer. Karena pada dasarnya programming adalah penggunaan suatu bahasa tertentu yang keberadaannya akan membantu berkomunikasi dengan komputer untuk melakukan perintah tertentu.

  • Harus belajar atau menempuh pendidikan pemrograman di universitas

    Faktanya, belajar coding tidak harus dilakukan di universitas. Saat ini adanya internet semakin membantu dan mempermudah seseorang untuk melakukan pembelajaran untuk pekerjaan. Namun jika kamu memiliki support dan biaya untuk dapat belajar di suatu universitas, akan memudahkanmu dalam belajar. Karena dosen-dosen yang ada akan mempercepat pemahaman kamu.

  • Harus menghafal semua sintaks dan menuliskan kode program yang banyak

    Saat ini sudah ada framework yang bisa membantu kamu memahami apa yang bahasa pemrograman lakukan, jadi kamu tak perlu khawatir untuk bisa menuliskan kode yang sama ribuan kali pun selama proses pembuatan aplikasi. Dan seperti yang telah disebutkan di awal artikel ini bahwa jika diperhatikan, ribuan baris kode tersebut terdiri dari instruksi yang berulang.

  • Hanya orang yang sudah besar dan dewasa yang bisa belajar bahasa pemrograman

    Saat ini, sudah banyak sekali developer yang berasal dari usia dini. Ini adalah hal yang bisa menjadi bukti bahwa usia bukanlah halangan untuk menjadi seorang programmer yang handal!

Hal-hal diatas adalah angapan dari pemikiran-pemikiran orang awam yang masih takut dan ragu untuk terjun dalam profesi ini. Tidak perlu ragu ataupun takut jika kamu ingin menjadi seorang programmer, karena tidak hanya dalam dunia programming, semua industri pasti memiliki tingkat kesulitan yang beragam.

programmer

Jika kamu bisa meraih mimpimu untuk menjadi seorang programmer, beberapa hal positif berikut bisa kamu dapatkan, diantaranya

  1. Bisa bekerja dimana saja dan kapan saja

    Dengan perkembangan teknologi saat ini, sangat memungkinkan bagi programmer untuk bekerja dimana saja dengan memanfaatkan tools yang akan membuat mereka melakukan remote working. Kamu bisa tetap bekerja meskipun dari rumah. Ini artinya kamu tidak perlu bangun pagi-pagi dan berlarian mengejar kendaraan umum ataupun merasakan macetnya jalanan disaat jam sibuk.!

  2. Bisa memiliki pekerjaan sampingan

    Banyak programmer yang juga merangkap sebagai freelancer. Disini mereka akan menentukan sendiri harga dan deadline dari produk yang akan dibuat lalu membuat kesepakatan dengan client.

  3. Bemanfaat untuk orang lain

    Banyak sekali manfaat dari profesi ini. Produk-produk yang dihasilkan bisa bermanfaat bagi orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya yang saat ini tengah populer adalah shopee, lazada, gojek, dan grab. Mereka adalah contoh aplikasi yang bermanfaat bagi orang lain maupun bagi perusahaan itu sendiri.