Inilah Perbedaan Programmer & Developer

Software Developer Info – Memiliki profesi dalam dunia IT saat ini merupakan salah satu impian dari banyak orang. Hal tersebut makin menjadi pusat perhatian di kalangan anak muda dengan banyaknya perusahaan start up yang bermunculan. Tuntutan kebutuhan pasar dalam bisnis digital saat ini membuat banyak orang terjun kedalam dunia IT. Dalam benak orang awam, menjadi programmer adalah hal yang keren. Apalagi gaji yang ditawarkan oleh profesi ini cukup tinggi. Selain programmer, ada satu profesi dalam dunia IT yang dianggap sama dengan programmer, yakni developer. Banyak orang yang tidak paham menganggap kedua profesi ini adalah sama, yaitu sama-sama membuat aplikasi atau software. Padahal faktanya ada beberapa perbedaan untuk programmer dan developer. Secara umum, developer adalah orang yang menyusun struktur pengembangan sebuah aplikasi atau software. Sedangkan programmer adalah orang yang fokus dalam menuliskan coding untuk membuat sebuah aplikasi atau software. Dalam segi kapasitas dan tanggung jawab, bisa dikatakan bahwa developer memiliki peran yang lebih besar.

programmer

Perbedaan Programmer & Developer

Berikut adalah penjelasan apa yang membuat seorang programmer berbeda dengan seorang developer

  1. Programmer

Tugas seorang programmer adalah untuk menuliskan kode atau coding, melakukan pengujian atau testing, dan juga memperbaiki bugs pada program. Ia memiliki tugas untuk mengubah desain atau konsep yang ada menjadi suatu instruksi yang bisa diterjemahkan dan dijalankan oleh komputer. Biasanya seorang programmer akan menguasai lebih dari satu bahasa pemrograman.

  1. Developer

Jika seorang programmer bertanggung jawab dalam menuliskan coding, maka tanggung jawab yang dimiliki seorang developer lebih besar. Developer akan memiliki pemahaman yang lebih banyak terhadap proyek yang sedang dikerjakan jika dibandingkan dengan programmer. Meskipun ia juga memiliki tugas yang sama dengan programmer yakni sama-sama menulis coding, namun ia juga memiliki peran ke aspek lain dalam pengembangan program/produk yang tengah dikerjakan. Seorang developer juga bertugas untuk membuat design software, melakukan pengembangan, dan juga melakukan riset terhadap kebutuhan pasar.

Jika dipahami dari penjelasan diatas, pada dasarnya developer juga merupakan seorang programmer. Namun mereka memiliki perbedaan pada lingkup tugas dan tanggung jawab atas proyek yang tengah dikerjakan. Biasanya untuk bisa menjadi seorang developer, ia akan berkarir terlebih dahulu sebagai programmer. Keahlian yang dilatih dalam kurun waktu tertentu, serta pengalaman yang dimilki dalam mengerjakan berbagai proyek akan membuat programmer semakin handal dan mengembangkan karirnya menjadi seorang developer. Sangat jarang ditemukan orang yang berkarir sebagai seorang developer tanpa memulai nya sebagai seorang programmer. Kebanyakan dari mereka akan memulai karir developer mereka sebagai seorang programmer.

Profesi Lain Dalam Dunia IT

Selain programmer dan developer, ada beberapa profesi lain yang serupa dalam dunia IT saat ini yang memiliki banyak peminat untuk terjun kedalamnya, yaitu

Engineer

Tugas dari seorang engineer adalah untuk menjaga dan merawat suatu sistem. Biasanya di suatu kantor, engineer ini akan memastikan seluruh sistem yang ada telah berjalan dengan baik tanpa memiliki gangguan atau masalah, dan sistem yang ada bisa tetap berjalan normal. Jika ditemukan suatu masalah pada sistem, maka sudah pasti engineer yang akan melakukan perbaikan atas kerusakan pada sistem tersebut.

Seorang Programmer Yang Membawa Tulisan Hacked

Front-End

Seperti namanya, orang yang memiliki profesi front end adalah yang bertanggung jawab atas sistem yang berada di bagian depan. Sistem yang berada pada bagian depan yang dimaksud adalah sistem yang bisa dirasakan langsung oleh si pengguna. Orang-orang berprofesi ini biasanya menguasai user interface dan user experience dengan baik.

Back-end

Profesi ini merupakan kebalikan dari front-end, back end berarti adalah orang yang bertanggung jawab atas sistem yang berada dibagian belakang. Back-end biasanya merujuk pada bagian admin yang melakukan perhitungan dan juga logika analisis. Ia juga bertugas untuk menanggulangi terjadinya hacking, maka dari itu ia harus menguasai efisiensi data dan kecepatan untuk bisa bekerja dalam dunia back-end.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai apa perbedaan programmer dan juga developer. Kami juga menambahkan informasi tentang profesi lain selain programmer dan developer dalam dunia IT yang mungkin untuk bisa menambahkan wawasan akan impian profesi anak muda masa kini. Semoga artikel ini bermanfaat.