Kenali Siapa Itu Software Developer Dan Kualifikasinya

Perbedaan Seorang Developer dan Programmer dan Pekerjaannya

Software developer atau istilah yang paling umum dikenal adalah pengembang perangkat lunak merupakan orang yang bertugas untuk merancang, membuat suatu program sampai program tersebut bisa dikatakan berjalan baik. Istilah ini tentunya tidak asing bagi kalian para orang-orang yang bekerja dalam dunia IT, mengingat profesi ini saat ini merupakan salah satu profesi yang paling banyak diminati.

software developerJika kamu adalah seorang pemula dalam dunia IT dan sedang mencoba untuk menjadi seorang developer kamu perlu untuk memahami apa peran developer dalam perusahaan IT. Seorang software developer merupakan orang yang sangat penting dalam suatu project, mengingat ia berperan tidak hanya dalam merancang dan membuat progam namun juga harus mengerti kelebihan dan kekurangan dari program yang telah ia buat. Banyak orang berfikir bahwa developer dan programmer memegang peran yang sama dalam suatu project, padahal pada kenyataannya sungguh berbeda. Peran seorang developer adalah lebih sebagai ketua tim, dan sedangkan programmer adalah orang yang mengubah bahasa program menjadi tampilan atau sesuatu sesuai dengan tujuan yang dimaksud. Jadi mereka adalah orang yang berbeda yang juga melakukan tugas yang berbeda pula.

Disamping sebagai orang yang melakukan perencanaan dan pembuatan program, berikut ketahui pekerjaan utama seorang software developer dimasa ini diantara adalah sebagai berikut :

  1. Membuat modifikasi pada software untuk diperbaiki atau di update, membuat pengoptimalan suatu software dan mengembangkannya.
  2. Mengarahkan dan mengembangkan uji coba sistem pada software.
  3. Bekerja dengan para staff IT lain seperti programmer dan system analyst supaya mendapatkan aplikasi dengan sistem yang baik.
  4. Melakukan analisa kebutuhan user guna mencapai kelayakan design suatu produk.
  5. Melakukan perawatan sistem yang ada, dan juga memperbaiki kesalahan suatu sistem.
  6. Banyak membaca referensi kode-kode dari berbagai software-software baru guna mengetahui jika ada kesalahan pada sistem.

programmingPada dasarnya seorang software developer selalu dituntut untuk bisa berinovasi dan mampu bekerjasama dalam tim dengan sangat baik. Karena besarnya gaji yang diterima lumayan cukup besar untuk profesi ini, tidak heran jika kamu akan dituntut untuk cepat beradaptasi dengan lingkungan yang baru serta harus mampu bekerja dibawah tekanan.

Kualifikasi Menjadi Seorang Software Developer

Sebelum kamu memutuskan untuk menjadi seorang software developer, ketahui apa saja syarat-syarat yang diperlukan seseorang untuk bisa menjadi developer berikut ini :

  1. Paham berbagai macam bahasa pemrograman

Karena pekerjaan utama kamu nantinya adalah untuk membuat suatu program, maka kamu harus bisa bahasa pemgroman untuk membuat program. Bahasa pemrograman yang cukup populer dan yang paling umum digunakan oleh para developer diantaranya adalah JavaScript, HTML, dan juga CSS. HTML dan JavaScript ini biasanya sama-sama berhubungan dengan pemrograman suatu website. CSS digunakan oleh para developer untuk memaksimalkan tampilan halaman seperti font, warna dan juga layout.

  1. Menguasai Libraries dan Frameworks.

Jika sudah memahami 3 dasar bahasa pemrograman diatas, maka perlu untuk seorang developer menguasai libraries dan framework. Alasannya adalah karena pada dasarnya libraries dan framework ini akan membantu kamu mempermudah pekerjaanmu dengan menyederhanakan dan mempercepat kerja kamu dengan JavaScript, HTML dan juga CSS. Libraries dan framework yang terkenal digunakan oleh para developer adalah Bootstrap dan Jquery. Usahakan untuk menguasai hal ini ya, hal ini akan bantu kamu untuk kembangkan karirmu di dunia IT sebagai seorang developer handal.

  1. Git & Github

Git adalah sistem kontrol versi yang digunakan untuk melacak semua perubahan kode yang telah dibuat. Sedangkan Github adalah layanan hosting untuk menyimpan repositori Git kamu. Github ini membantu para developer melakukan kerjasama dalam tim untuk pekerjaan proyek kolaborasi.

  1. Software Design dan Photoshop

Syarat untuk bisa menggunakan software design dan juga photoshop ini merupakan suatu syarat optional, dalam artian kamu tidak wajib atau dituntut untuk bisa menguasai aplikasi ini. Namun pada praktik kerjanya, seseorang yang mampu menggunakan beberapa software design dan juga photoshop sangatlah penting dalam suatu pekerjaan di dunia IT. Jadi tidak ada salahnya untuk belajar menguasainya kok.

Gimana, udah dapat gambaran kan apa saja yang kamu harus miliki untuk menjadi seorang software developer?