Macam-Macam Aplikasi Mobile, Apa Saja?

Software Bali Info – Seiring dengan banyaknya pengguna smartphone, maka angka dari akun pengguna aplikasi-aplikasi yang ada didalam smartphone pun mengalami kenaikan pula. Banyaknya user yang menggunakan aplikasi mobile berbasis android ini pun menarik perhatian para pelaku usaha untuk memulai mengembangkan bisnis yang mereka miliki kedalam aplikasi mobile. Kemunculan aplikasi mobile memberikan banyak manfaat bagi para pengusaha yang mengembangkan bisnis mereka kedalam mobile apps ini. Selain sebagai media promosi yang baik, aplikasi mobile juga memberikan manfaat lainnya seperti memberikan kemudahan dalam memberikan pelayanan kepada para konsumen. Aplikasi mobile juga diketahui dapat meningkatkan pengalaman pengguna atau user experience dengan sangat baik.

aplikasi mobile

Proses pembuatan aplikasi mobile ini berbeda jika dibandingkan dengan aplikasi desktop dan aplikasi website. Aplikasi mobile ini akan membutuhkan proses pembuatan yang lebih rumit dan lebih lama jika dibandingkan dengan aplikasi desktop dan web. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat dan mengembangkan aplikasi mobile ini sendiri juga terbilang tidak murah. Alasan-alasan inilah yang memungkinkan para pengusaha kecil dan menengah masih enggan dan ragu untuk mengembangkan bisnis mereka kedalam aplikasi mobile. Namun sebenarnya, besarnya biaya yang dikeluarkan akan sebanding dengan manfaat-manfaat yang akan didapatkan setelah mengembangkan bisnis kamu ke dalam aplikasi ini. Jadi jangan ragu, carilah developer yang bisa membantumu mengembangkan bisnis kamu ke dalam aplikasi mobile ini.

Jenis Aplikasi Mobile

Sebelum kamu memutuskan untuk mengembangkan aplikasi seluler ini, kamu harus terlebih dahulu menentukan jenis aplikasi apa yang akan kamu kembangkan berdasarkan bisnis kamu. Sebagai informasi, aplikasi mobile ini dibagi menjadi 3 jenis aplikasi yaitu native, web dan hybrid. Berikut penjelasannya ya

Native

Jenis aplikasi ini adalah aplikasi yang ditanam dalam sistem operasi, biasanya aplikasi ini dibuat secara spesifik untuk operating system tertentu. Seperti contohnya, jika aplikasi dibuat untuk diterapkan pada andoid, maka aplikasi tersebut tidak dapat berjalan di operating system lain seperti iOS. Hal yang sama terjadi sebaliknya, jika aplikasi dibuat untuk sistem operasi iOS maka aplikasi tersebut tidak bisa dijalankan pada sistem operasi android. Aplikasi ini dibuat untuk hanya bisa berjalan pada 1 operating system saja. Manfaat utama dalam jenis aplikasi mobile yang satu ini adalah bahwa native ini memiliki user experience yang sangat baik dan performanya sangat baik. Mengapa demikian? Karena pada saat developer mengembangkan aplikasi tersebut adalah dengan menggunakan user interface dari perangkat native. Aplikasi mobile jenis native ini memberikan user experience yang lebih baik karena bisa bekerja secara responsif, cepat dan juga bisa didistribusikan lewat app store.

Web

Jenis aplikasi mobile web ini dibuat dan dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web. Web application ini bisa dijalankan melalui browser dan biasanya dibuat dalam HTML5, JavaScript, atau CSS. Aplikasi web bisa berjalan pada semua sistem operasi karena tujuan dari aplikasi ini adalah penggunan browser bukan operating system seperti pada aplikasi native. Penyimpanan pada aplikasi web ini akan langsung dilakukan ke database server. Penggunaan aplikasi web ini juga didesign secara responsive dimana tampilan dari website bisa menyesuaikan ukuran dari layar handphone yang digunakan oleh user.  Saat ini banyak sekali pengusaha yang mengembangkan bisnis mereka kedalam jenis aplikasi ini, mulai dari pengusaha yang memiliki bisnis dalam skala kecil, menengah dan juga besar.

Tablet Menampilkan Tampilan Halaman AwalHybrid

Jenis aplikasi ini adalah kombinasi dari aplikasi native dan juga aplikasi web. Dalam jenis aplikasi ini, ia memiliki 2 bagian utama yakni kode back-end dan native shell yang bisa diunduh dan memuat kode menggunakan tampilan web. Aplikasi ini lebih mudah dan cepat untuk bisa dikembangkan dibandingkan dengan aplikasi native. Akan tetapi kecepatan aplikasi native lebih baik jika dibandingkan dengan aplikasi hybrid, karena aplikasi hybrid ini akan bekerja sesuai dari kecepatan browser user.

Games

Jenis aplikasi ini dikembangkan oleh platform tertentu entah itu berbasis android maupun iOS. Jenis aplikasi game ini juga bisa berupa aplikasi mobile native, aplikasi mobile web dan juga bisa berupa aplikasi mobile hybrid.

 

softwarebali.com – mobile apps developer

Digital Agency Melayani Online