Mengenal Programmer & Apa Yang Dilakukannya

Software Bali Info – Kemunculan perusahaan-perusahaan startup memicu banyak sekali profesi baru. Dengan semakin sengitnya persaingan bisnis di era digital saat ini, banyak sekali pengusaha yang mencari jasa dari orang yang ahli dalam dunia IT (information technology). Sebut saja contohnya yang tengah populer saat ini jasa designer grafis, developer, dan juga programmer. Mereka adalah profesi-profesi yang diburu oleh perusahaan untuk membantu meningkatkan penjualan bisnis mereka dengan memiliki income yang bisa dikatakan cukup tinggi. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas salah satu pekerjaan yang menjadi idola dalam benak anak muda yang ingin berkarir di dunia IT, yakni seorang programmer.

programmer

Siapa Itu Programmer?

Pekerjaan yang saat ini merupakan impian dari banyak anak muda karena diketahui memiliki gaji yang sangat tinggi adalah programmer. Apakah pekerjaan dari seorang programmer dan apa saja yang dilakukan seorang programmer hingga bisa memiliki income yang tinggi? Secara sederhana programmer adalah orang yang berprofesi untuk menuliskan kode dalam bahasa pemrograman tertentu untuk membuat program atau perangkat lunak komputer. Di perusahaan biasanya orang yang bergelut di pekerjaan ini disebut dengan software engineer. Dalam membuat sebuah program, seorang programmer akan memiliki suatu bagan alur yang harus diperhatikan untuk bisa diterjemahkan oleh komputer untuk menjalankan tugasnya. Kode program yang ditulis oleh mereka akan ditulis dalam bahasa pemroggraman tertentu yang akan menghasilkan serangkain instruksi yang nantinya akan menghasilkan interaksi yang ada pada setiap aplikasi atau software yang lain. Tugas utama seorang programmer adalah untuk membuat program yang menghasilkan perilaku tertentu yang diinginkan meliputi proses perencangan, penulisan, pengujian, debugging atau trouble shooting sampai pada pemeliharaan kode.

Video Call Conference scaled e1630484894209Jika kamu menginginkan sebuah pekerjaan yang memiliki masa depan yang baik, profesi ini merupakan salah satu yang akan banyak dicari oleh perusahaan ke depannya. Bahkan saat ini sudah banyak perusahaan dalam negeri yang mengadopsi sistem kerja programmer yang bekerja di luar negeri atau perusahaan asing yakni dengan bekerja secara work from home. Mereka akan bekerja dari rumah dan mengirim hasil pekerjaan mereka dengan surat elektronik atau website. Dukungan dari banyaknya aplikasi telefon menggunakan video seperti zoom juga menjadi salah satu sarana untuk bisa tetap bekerja meskipun programmer bekerja dari jauh.

Berikut beberapa tugas lain yang menjadi tugas seorang programmer

  • Memecahkan masalah yang diberikan yakni dengan menemukan urutan instruksi yang nantinya akan mengotomatisasi untuk melakukan tugas tertentu.

  • Menulis dokumentasi pengembangan program dan revisi-revisi yang ada, serta me-record komentar kedalam kode instruksi dimana orang lain akan bisa memahami program yang dikembangkan olehnya.

  • Melakukan testing pada suatu program dan aplikasi software yang bertujuan untuk memastikan bahwa program tersebut memiliki informasi yang diinginkan dan instruksi yang dimasukkan sudah benar.

  • Melakukan revisi atau perbaikan, serta membuat perluasan program untuk meningkatkan efisiensi dari program yang sudah ada supaya bisa beradaptasi dengan persyaratan yang baru.

  • Melakukan analisa dan menulis ulang program dengan mengunakan diagram alur kerja, serta menerapkan berbagai macam pengetahuan komputer dan juga logika.

  • Melakukan perubahan yang sesuai dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada lalu memastikan program tersebut dengan memeriksa kembali program supaya mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan.

  • Mengerti kejelasan dari suatu program dengan cara berkonsultasi dengan pihak terkait dan jga melakukan identifikasi masalah serta menyarankan perubahan untuk mendapatkan hasil terbaik.

  • Membuat laporan secara terjadwal kepada manajer produk tentang sejauh mana pekerjaan yang sudah dilakukan, karena membuat program tidak bisa hanya diselesaikan dalam hitungan hari saja, bahkan akan membutuhkan waktu berbulan-bulan. Tanggung jawab atas program biasanya ada pada manajer produk, mereka perlu tau sudah sampai mana pekerjaan yang dilakukan oleh tim programmer mereka.

  • Melakukan kolaborasi dengan tim design untuk mendapatkan program yang memiliki UI (user interface) dan UX (user experience) yang baik.

Nah itulah penjelasan tentang siapa itu programmer dan apa saja yang mereka kerjakan sehingga bisa mendapatkan gaji yang tinggi. Ternyata job yang mereka miliki sangat banyak dan rumit ya!