Simak Tool Yang Digunakan Untuk Kembangkan Aplikasi Mobile Berbasis Android Berikut Ini

Software Bali Mobile Apps Developer – Aplikasi Mobile.

Telah diketahui bahwa saat ini pengguna dari handphone mencapai angka yang sangat tinggi, bahkan bisa dikatakan sangat luar biasa. Untuk beberapa orang tertentu, orang-orang bahkan memiliki lebih dari 1 handphone. Seiring dengan berkembangnya teknologi, telepon genggam yang digunakan banyak orang adalah smartphone. Smartphone sendiri memiliki beberapa sistem operasi diantaranya yang sangat populer saat ini adalah iOS dan Android. Namun saat ini masyarakat umum lebih banyak menggunakan android dibandingkan iOS. Banyak faktor yang mengakibatkan angka pengguna adroid lebih tinggi dibandingkan iOS salah satu faktor terbesar adalah aplikasi mobile pada android ini adalah bersifat open source yakni bisa digunakan secara gratis. Aplikasi mobile iOS memang memiliki sedikit dukungan vendor jika dibandingkan dengan Androdi , itulah mengapa jumlah developer android juga lebih banyak dibandingkan dengan developer iOS.

aplikasi mobileSeperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, bahwa ada 3 macam aplikasi mobile saat ini yakni native, web dan juga hybrid. Jika kamu seorang developer pemula, atau kamu orang yang ingin belajar tools atau alat yang bisa membantu kamu dalam mengembangkan aplikasi mobile berbasis android, kami akan merangkum beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan nantinya.

Android Studio

Aplikasi ini merupakan salah satu IDE (Integrated Development Environment) yang diluncurkan oleh Google pada tahun 2013. Tool ini biasanya digunakan oleh developer dalam pengembangan aplikasi native. Kelebihan dari Android Studio ini adalah ia bisa melakukan testing atau pengujian secara langsung tanpa perlu menggunakan perangkat aslinya. Namun perlu diingat bahwa tool IDE ini memerlukan resources yang besar. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan tool ini, maka kamu perlu mempersiapkan spesifikasi hardware yang besar seperti menggunakan RAM dengan minimal 4GB.

Android NDK

Android NDK (Native Developer Kit), sesuai dengan namanya tool ini biasa digunakan dalam mengembangkan aplikasi mobile native. User akan ditawarkan untuk menggunakan library yang memanfaatkan bahasa pemrograman C dan C# dalam mengembangkan aplikasi berbasis android. User memiliki kemungkinan untuk dapat mengembangkan dan menyusun ulang kode program dan diperbarui untuk pembuatan aplikasi mobile.

Eclipse

Mirip dengan android studio, eclipse juga merupakan IDE. Eclipse ini merupakan tool yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Ada banyak plugin dalam tool ini yang bisa digunakan dalam pengembangan aplikasi mobile yang menggunakan bahasa pemrograman lain.

Developer Menulis Kode Program Menggunakan Software dengan Variasi Warna di Setiap Kode 1Visual Studio Code

Tool yang satu ini sangat populer dikalangan developer. Tool ini juga merupakan IDE yang digunakan dalam pengembangan aplikasi mobile native. Visual studio juga bersifat open source, dan memiliki user interface yang memudahkan developer dalam penyusunan kode program dengan memberikan variasi warna pada setiap kode. Namun software yang satu ini memerlukan pengguna untuk menginstall lebih dulu plugin dan assets dari setiap bahasa.

Buddy

Tool yang satu ini bisa digunakan dalam pengembangan aplikasi android dan juga juga bisa diintregasikan dengan website. Software ini mendukung berbagai bahasa pemrograman populer dan memiliki user interface dan user experience yang menarik.

React Native

Software ini merupakan jawaban untuk para pengembang dalam proses pembuatan aplikasi web menjadi aplikasi mobile. Software ini juga merupakan framework JavaScript yang memudahkan pengguna dalam membuat aplikasi mobile. Memungkinkan developer ataupun programmer membuat aplikasi mobile android dan iOS secara bersamaan.

Ionic Framework

Ini adalah salah satu framework aplikasi mobile yang menggunakan html5 sebagai pengembang aplikasi mobile dengan menggunakan teknologi web. Tidak diperlukan keahlian dalam bahasa pemrograman yang sulit seperti Java, Kotlin, atau C dan lainnya. Dengan menggunakan software ini kamu bisa mengembangkan aplikasi hanya dengan menggunakan bahasa pemrograman web saja.

Xamarin

Software ini merupakan IDE yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi berbasis android, iOS dan juga Windows Phone. Software ini merupakan salah satu solusi untuk para developer C# dalam pengembangan perangkat lunak.

NativeScript

Software yang satu ini merupakan tools yang menggunakan jenis codebase website (JavaScript dan CSS) untuk membuat aplikasi android dan juga iOS. Software ini bersifat open source dan menggunakan framework JavaScript dan bahasa pemrograman TypeScript.