Tips Membangun Usaha Jasa Design Grafis

3

Kebutuhan Design Grafis Pada Bisnis Masa Kini

SoftwareBali 2021 Design Grafis – Di era modern yang serba digital seperti saat ini, kemajuan teknologi berkembang begitu pesat. Para pelaku usaha juga harus bisa mengikuti trend yang sedang marak untuk bisa tetap ‘hidup’ dalam sulitnya persaingan usaha.

Saat ini banyak pelaku usaha yang tidak segan-segan merogoh koceknya dalam-dalam untuk bisa melakukan promosi guna menunjang penjualan target dalam perusahaan mereka. Salah satunya untuk menyewa jasa atau merekrut seseorang yang ahli dalam design grafis. Kebanyakan pelaku usaha tertarik untuk mempercantik visual dari produk yang mereka tawarkan. Apalagi ditengah kondisi sulit saat ini, dimana kondisi pandemi covid-19 makin mempersulit pelaku usaha untuk berdagang. Pembatasan konsumen dalam toko, serta sedikitnya orang yang bisa sekedar jalan-jalan keluar untuk melihat-lihat produk baru, membuat pelaku usaha berusaha memutar banyak ide untuk tetap bertahan dalam kondisi sulit ini.

Dalam situasi seperti saat ini, peran design grafis dan multimedia dalam bisnis adalah salah satu solusi yang ditawarkan banyak para designer dengan tujuan membantu para pelaku usaha tetap bisa melakukan penjualan tanpa melakukan kontak fisik. Hal ini bisa dilakukan dengan promosi secara online melalui social media ataupun website penjualan yang perusahaan miliki. Jadi saat ini banyak sekali pelaku usaha yang meng-online kan usaha nya disamping tetap memiliki offline store. Namun tidak semua pelaku usaha mengetahui perkembangan bisnis digital dengan menggunakan platform ataupun online store, masih banyak pelaku usaha yang hanya membuka toko saja. Akibatnya penjualan mereka menurun, barang yang mereka pajang dalam toko kurang laku karena kalah menarik dengan pelaku usaha yang menggunakan jasa para designer untuk mempercantik tampilan visual produk yang mereka tawarkan.

Nah melihat peluang ini, banyak banget nih para remaja ataupun orang-orang yang punya bakat design untuk membuka usaha atau sekedar menawarkan jasa freelance mereka untuk membantu pelaku usaha mempromosikan produk mereka. Untuk kamu-kamu yang punya bakat ini, jangan di sia-siakan. Tawarkan jasa pada mereka yang butuh dan mau membayar kamu. Saat ini banyak sekali platform sebagai sarana yang bisa bantu kamu untuk mempromosikan bakatmu, supaya mereka yang ingin memakai jasamu bisa tau apa yang bisa kamu buat, bagaimana hasil karyamu, dan apa saja pengalaman yang sudah kamu miliki.

Aneka Tips Bagi Yang Ingin Memulai Jasa Design Grafis

Tapi sebelum itu, kamu bisa menggunakan beberapa saran saran berikut dalam membuka usaha jasa design grafis

BrandName

  1. Nama Usaha

Kamu perlu menentukan apa nama bisnismu. Nama mu ini perlu untukmu karna saat kamu menawarkan jasamu pada mereka, watermark namamu yang akan mereka ingat.

  1. Modal

Kamu perlu merencakan budget sebelum kamu membuka usaha ini. Alat-alat apa yang akan kamu butuhkan untuk design, serta jangan lupa kamu perlu koneksi yang bagus mengingat saat ini kita berada ditengah pasar digital. Tidak perlu muluk-muluk langsung dengan modal yang besar, segala sesuatu dimulai dari kecil bukan? So kamu tidak perlu berkecil hati hanya karena modalmu kecil

 

TargetMarket

  1. Tentukan pasar

Kamu perlu menentukan pasar yang akan kamu masuki untuk bisnismu. Dalam jasa design grafis, ada designer yang hanya menerima order dari manca negara, ada pula yang dari dalam negeri.

  1. Promosi

Kamu bisa menawarkan jasa mu di berbagai social media mu, seperti whatsapp, instagram ataupun platform-platform seperti freelancer atau appen.

 

  1. Pasang Harga yang wajar

Ketika kamu memutuskan untuk membuka bisnis ini, ingat bahwa ada ratusan bahkan jutaan orang diluar sana yang menawarkan hal yang sama denganmu, So jangan pasang tarif tinggi-tinggi ya

  1. Pelayanan yang baik

Usahakan kamu memberikan pelayanan yang baik, ramah dan juga cepat. Pelaku usaha akan puas jika mereka menerima hasil pekerjaanmu tepat waktu sesuai deadline mereka, selalu komunikasikan dengan baik apapun yang menjadi kendalamu dengan penyewa jasamu.

  1. Minta comment dan review dari pelanggan

Setiap kamu menyelesaikan pekerjaanmu, usahakan untuk meminta review dari mereka. Hal ini bisa membantu mu untuk mendapatkan respon dari pelanggan bahwa mereka puas dengan apa yang telah kamu kerjakan. Hal ini juga bisa membantumu untuk membangun customer satisfaction rate.

Kalau kamu merasa kesulitan untuk memasarkan jasa design-mu sendiri, langkah paling tepat untuk memulai bisnis jasa design grafis adalah bergabung dengan digital agency seperti kami, softwarebali.com yang akan melakukan promosi dan sebagainya untuk mendukung bisnis jasamu. Jika kamu ingin berminat cari tahu keuntungan bergabung lebih lanjut silahkan hubungi Talents Manager kami DISINI