Diyan Kartika s. S.sOs

b466f3b7 91db 4d75 9131 cf94ffd82377

Digital Talent :

Article Writer

Career :
PT. JOGJACAMP
Customer service

Journalistic internship at TVRI

portfolio

Article Writer

Penerapan Unggah Ungguh (Sopan Santun) Ditempat Kerja

Unggah-ungguh bisa juga berarti (semantik)

UNGGAH, (dalam bahasa Indonesia : naik) bisa di artikan menaikkan derajat seseorang (yang diajak berinteraksi) sesuai dengan status (sosial) martabatnya,

UNGGUH, berasal dari kata Lungguh ( dalam bahasa Indonesia : duduk) : Mendudukkan/menempatkan diri kita dan orang lain yang diajak berinteraksi sesuai porsi, derajat dan martabatnya.

Jadi unggah-ungguh adalah menghargai atau mendudukkan orang lain sesuai dengan ‘Lungguh-e’ (kedudukannya) dan siapa yang seharusnya di ‘Unggah-ke'(dinaikkan), hal itu untuk menjaga orang yang kita ajak berinteraksi agar juga kembali ikut meng-unggah (menaikkan) dan me-lungguhke (menempatkan) diri kita.

Unggah-ungguh secara luas adalah sistem yang digunakan pada saat kita berinteraksi, berupa tutur kata berbahasa dan tingkah laku, yang sesuai dengan aturan-aturan adat Jawa yang telah menjadi filosofi orang timur, unggah-ungguh tidak hanya sebatas cara berbahasa, tetapi juga tingkah laku (aktifitas – pola pikir – pola tindak) sehari-hari.

Sebenarnya unggah-ungguh sendiri merupakan cara dalam menjalani kehidupan di dalam lingkungan masyarakat  yang heterogen dan lebih merupakan implemantasi dari pemikiran-pemikiran atas pertanyaan  “Apakah hal tersebut pantas saya lakukan atau Pantaskah orang lain menerima sikap atau perlakuan tersebut” .

Contoh perlakuan sikap, Jika kita mendahulukan orang yang lebih tua, dalam melakukan hal tertentu, maka kita juga akan mendapatkan perlakuan hormat dari orang tua, sebagai misal  :  Jika kita menawarkan agar orang tua makan terlebih dahulu, belum tentu orang tua mau makan terlebih dahulu, dengan alasan “biar anaknya (yang muda) dahulu”, dari hal ini akan timbul sikap saling menghargai antara yang muda dan yang tua.

Menerapkan sikap dalam berinteraksi dan berperilaku dengan memegang teguh ‘unggah ungguh’ dimanapun kita berada secara tidak langsung kita mematuhi aturan yang jelas, dengan siapa kita berbicara, apa yang dibicarakan dan bagaimana penerapan bahasanya.

Membawa dan menerapkan Unggah Ungguh atau sopan santun di dalam dunia kerja adalah perihal penting yang wajib harus dimiliki setiap orang untuk menjaga kredibilitas diri.

how to use her services

We will connect you with our talented service providers,

Please contact the Talents Manager of Softwarebali.com Digital Agency

Read :

Keuntungan bagi Klien memakai Digital Agency Softwarebali.com

Talents Manager